OTONITY.com – Perbandingan Kenyamanan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Grand Livina.
Sebuah mobil berjenis MPV kenyamanan merupakan hal utama yang ingin
diperoleh. Tidak terkecuali mobil Honda yang baru saja diperkenalkan di
Indonesia yaitu Mobilio. Dari segi kenyamanan Mobilio untuk penumpang di
dalam mobil bisa dilihat dari bentuk jok yang menyatu dengan headrest,
kondisi seperti ini dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Lebih dari
itu, bantingan Honda Mobilio terasa agak keras dibandingkan Grand
Livina, Chevy Spin dan Suzuki Ertiga. Namun, jika dibandingkan dengan
dengan Toyota Avanza kurang lebih sama.
Tipe Avanza yang sekelas dengan Mobilio adalah Avanza Veloz. Disini posisi duduk Toyota Avanza Veloz
lebih tinggi dari Mobilio. Hal tersebut dapat memberikan visibilitas
yang lebih kepada penumpang yang ada di dalam mobil. Tetapi jika
pengemudi memiliki postur tubuh yang pendek tentu akan sedikit
kesulitan. Bantingan Avanza Veloz bisa dibilang keras dikarenakan
penggerak roda belakang yang membatasi setting suspensi dari Avanza
Veloz.
Untuk mobil Proton Exora Star yang
berasal dari Malaysia posisi mengemudi seharusnya masih bisa
disempurnakan. Meskipun demikian, jok Proton Exora Star terasa empuk
dengan lapisan bahan kulit sintetis berkualitas dapat menambah
kenyamanan berkendara. Nilai lebihnya ada pada sisi dalam jok yang
dibekali sandaran lengan agar tidak terlalu capai saat mengemudi
perjalanan jauh.
Suzuki Ertiga dalam urusan kenyamanan
berkendara masih berada di atas kedua rivalnya tersebut yaitu Avanza dan
Proton Exora Star. Penempatan kursi sangat ergonomis untuk seluruh
baris bangku yang ada. Bantingan suspensi juga lebih lembut dan dapat
meredam getaran lebih baik.
Rival selanjutnya adalah Chevrolet Spin
dalam urusan kenyamanan berkendara masih perlu belajar dari Suzuki
Ertiga. Busa jok Spin terlalu keras ditambah luas legroom yang pas-pasan
untuk semua baris kursi. Kemudian bantingan suspensi juga tidak lebih
baik dari Toyota Avanza.
Dari seluruh MPV yang dipasarkan di Indonesia, Nissan Grand Livina
bisa dibilang yang paling baik dalam urusan kenyamanan berkendara.
Posisi pengemudi pas, kemudian kursi baris kedua memiliki luas legrom
yang lega. Yang menjadi masalah hanya pada kursi baris ketiga yang cukup
sempit apabila diisi oleh orang dewasa. Namun, dari segi bantingan
suspensi masih yang terbaik dibandingkan para rivalnya seperti Toyota
Avanza, Suzuki Ertiga, Proton Exora dan Chevrolet Spin. Bisa dibilang
rating pengendalian Grand Livina adalah sangat istimewa untuk kategori
mobil dikelasnya.
- Honda Mobilio E M/T * * * (3)
- Chevrolet Spin 1.3 LT M/T * * (2)
- Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T * * * * * (5)
- Proton Exora Star Executive 1.6 A/T * * * (3)
- Suzuki Ertiga GX DB M/T * * * * (4)
- Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T * * * (3)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar